Selasa, 03 Desember 2013

Definisi Ular Kobra Atau Ular Sendok Terbaru

Definisi Ular Kobra Atau Ular Sendok Terbaru |  Ular sendok atau yang juga dikenal dengan nama kobra adalah sejenis ular beracun dari suku Elapidae. Disebut ular sendok (Jw., ula irus) karena ular ini dapat menegakkan dan memipihkan lehernya apabila merasa terganggu oleh musuhnya. Leher yang memipih dan melengkung ini sebangsa sosok sendok atau irus (sendok sayur).

Istilah kobra dalam tulisan indonesia diambil dari bahasa Inggris, cobra, yang sebetulnya juga sama dengan pinjaman dari ucapan Portugis. didalam bahasa terakhir itu, cobra ialah sebutan umum bagi ular, yang diturunkan dari bahasa Latin colobra (coluber, colubra), yang juga berarti ular. Ketika para pelaut Portugis didalam abad ke-16 tiba di Afrika dan Asia Selatan, mereka menamai ular sendok yang orang-orang ini dapati di sana dengan sebutan cobra-capelo, ular bertudung. Dari nama inilah berkembang sebutan-sebutan yang mirip dalam bahasa-bahasa Spanyol, Prancis, Inggris dan lain-lain bahasa Eropa.

Ular sendok didalam bahasa indonesia merujuk pada beberapa jenis ular dari marga Naja. Sedangkan ular king-cobra (Ophiophagus hannah) biasanya terbilang dengan istilah ular anang atau ular tedung.baca juga Kumpulan Foto Kanguru

Ditulis Oleh : Unknown // 06.04
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar